SAATNYA HEALTHY BERSAMA URI-CRAN

Banyak kebiasaan hidup kita sehari-hari yang tanpa disadari, ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan diri sendiri secara keseluruhan. Hal tersebut juga pernah saya alami. Terus terang saya tergolong orang yang aktif dan tidak bisa diam. Beberapa  tahun yang lalu aktifitas harian saya tergolong begitu padat. Selain profesi sebagai karyawan disebuah perusahaan asing milik Jepang, saya juga menggeluti olah raga kempo. Saya memang seorang Kenshi.

Khusus untuk urusan pekerjaan terbilang cukup ketat dan melelahkan. Rata-rata bekerja di sebuah perusahaan asing selalu menerapkan disiplin kerja yang tinggi. Belum lagi jam kerja saya ketika itu seven to seven. Jadi masuk jam tujuh pagi dan keluar jam tujuh malam. Sementara dalam menjalankan pekerjaan tersebut dituntut lebih banyak berdiri. Bisa dibayangkan betapa lelahnya kondisi fisik kita kalau sudah jam pulang kerja. Itupun tiap rabu malam dan minggu pagi saya masih latihan kempo di klub tempat saya bergabung. Rata-rata tiap latihan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.

Kalau suatu ketika tubuh tidak fit dan merasakan demam, analisa saya karena terlalu lelah beraktifitas dan butuh istirahat. Itu saja. Padahal kenyataannya tidak sesimple yang saya bayangkan. Apalagi saat harus menjalani rawat inap di rumah sakit, setelah kondisi badan benar-benar drop. Disitulah saya baru menyadari ada yang tidak beres dengan kondisi dan kesehatan saya secara keseluruhan.

Dari keterangan medis yang terdiaknosa typus, muncul juga penyerta lainnya yaitu infeksi saluran kemih.  Poin terakhir itulah yang membuat saya agak mengernyitkan dahi. Sedikit heran dan juga penasaran. Setelah pulang dari rumah sakit, saya mulai aktif menggali banyak informasi seputar infeksi saluran kemih maupun anyang-anyangan. Termasuk faktor penyebab atau pencetusnya. Ternyata infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Infeksi saluran kemih sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan infeksi saluran kemih atas. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejalanya:

  • Rasa selalu ingin buang air kecil
  • Nyeri atau perih saat buang air kecil
  • Warna urin yang keruh
  • Bau urin yang menyengat.

13912692_1576736912632334_2835637988640461702_n

Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejalanya:

  • Nyeri pada bagian selangkangan
  • Mual
  • Demam

Akhirnya saya tahu kalau penyebab anyang-anyangan sebagai gejala awal infeksi saluran kemih adalah:

  • Bakteri E.Coli

80-85% dari kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.Coli. Bakteri ini biasanya masuk ke saluran kemih melalui uretra, dimana setelah memasuki kandung kemih, E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh. Jadi yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah bakteri E.Coli. Oleh sebab itu menjaga kebersihan saat berkemih atau saat ke kamar mandi menjadi sebuah keharusan

  • Chlamydia

Bakteri chlamydia merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan anyang-anyangan. Selain bakteri E.Coli, penyebab anyang-anyangan pada wanita adalah Chlamydia. Hal ini karena bakteri Chlamydia itu ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita terkena anyang-anyangan

  • Alergi

Pada pria anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Penyebabnya dari lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria, agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.

  • Kurang menjaga kebersihan

Penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Banyak pasangan yang sebelum melakukan hubungan seksual tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula setelah berhubungan seksual. Hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan. Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih, jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Akibatnya dua hari atau sehari setelah berhubungan baik pihak pria maupun wanita bisa terkena anyang-anyangan.

  • Struktur organ intim yang tidak normal

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih, sehingga bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan inilah yang bisa memunculkan infeksi saluran kemih.

  • Gangguan Prostat

Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria. Hal itu dikarenakan prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

  • Diabetes

Salah satu yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah penyakit kronis seperti diabetes. Diabetes mellitus penderitanya akan mengalami anyang-anyangan yang timbul akibat reaksi dari penyakit tersebut. Orang yang mengalami diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkannya hanyalah sedikit. Tidak hanya diabetes saja, saat kadar asam urat dan tekanan darah tinggi, orang tersebut bisa terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih juga.

  • Dehidrasi

Dehidrasi juga menjadi penyebab seseorang bisa mengalami anyang-anyangan. Sebab saat seseorang mengalami dehidrasi, dia cendrung memproduksi urin dalam jumlah sedikit. Semakin dehidrasi tentu produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan sulit untuk berkemih. Orang yang mengalami dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil, namun volume urin yang dikeluarkan hanya sedikit. Jadi dalam kondisi dehidrasi orang sangat rentan terserang anyang-anyangan.

  • Kehamilan

Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang-anyangan pada wanita hamil karena pada saat usia kandungan membesar, posisi kandungan itu akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit namun jika kantung kemih tertekan, maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.

  • Alat KB

Efek dari penggunaan alat KB adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus, terutama jika alat KB tersebut berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita.

  • Menopause

Menopause bisa menyebabkan wanita terkena anyang-anyangan. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kemih.

  • Batu Ginjal

Batu ginjal yang di alami baik oleh pria maupun wanita, bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi saluran kemih. Sebab batu ginjal tersebut bisa menekan saluran kemih, sehingga muncul rasa ingin berkemih terus-terusan. Sayangnya keberadaan batu ginjal tersebut sekaligus juga menjadi penghambat keluarnya urin secara normal.

  • Sering menahan berkemih

Sering menahan kencing (berkemih) justru bisa membuat seseorang terkena infeksi saluran kemih, karena menahan berkemih bisa membuat bakteri E.Coli yang sudah menempel menjadi berkoloni dan semakin banyak.

14316759_1591176541188371_3707174746842291982_n

Sementara infeksi saluran kemih itu sendiri masih dibagi lagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi, sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda pula, seperti:

  • Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
  • Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
  • Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.

Setelah tahu banyak hal tentang infeksi saluran kemih, akhirnya terjawab juga rasa penasaran saya kenapa bisa terserang infeksi saluran kemih. Rupanya hal-hal berikut ini luput dari perhatian saya selama ini, sehingga bisa mengakibatkan terkena infeksi saluran kemih:

  • DEHIDRASI

Dehidrasi jadi faktor utama penyebab infeksi saluran kemih yang saya alami. Jujur memang dalam keseharian asupan cairan yang masuk ke tubuh dalam bentuk air putih sangat kurang. Karena tiap hari bekerja di ruangan full AC dengan temperature yang tergolong dingin, membuat saya jarang merasa haus. Padahal secara fisik tubuh kita tetap butuh pasokan air, meskipun kita tidak merasa haus.  AC membuat tubuh kita kekurangan air. Efeknya bisa kita rasakan pada kulit yang cenderung lebih kering, karena produksi selaput lendir berkurang saat kita berada di ruangan ber-AC. Selain itu bekerja di ruang ber-AC dalam rentang waktu yang cukup lama membuat tubuh kita mudah lelah. Hal ini terjadi karena kita kurang menghirup udara yang segar. Saat kondisi kita lelah dan dehidrasi, pasti sistem kekebalan tubuh kita juga akan menurun. Apalagi di luar jam kerja saya masih punya kegiatan berlatih kempo yang nota bene tergolong aktifitas fisik yang berat dan melelahkan. Dengan kondisi kelelahan yang bertumpuk ditambah dehidrasi, memang sangat rentan terserang berbagai macam penyakit, termasuk infeksi saluran kemih.

  • SERING MENAHAN KEMIH

Terus terang kalau lagi banyak kerjaan dan kebetulan secara bersamaan muncul keinginan untuk buang air kecil (berkemih), biasanya sering saya tunda pergi ke kamar kecil (toilet) hingga datang waktu break. Ditempat kerja saya dalam sehari ada 3 kali break. Jam 9 pagi (selama 15 menit), jam 12 siang (lunch-1 jam) dan jam 3 sore (selama 15 menit). Yang paling sering menahan kemih biasanya saat diatas jam 9 dan setelah makan siang. Alasanya sih simpel saja,  sekalian nunggu jam break berikutnya yang tergolong pendek.

Rupanya apa yang selama ini sangat anggap sepele, ternyata berdampak negative juga buat kesehatan diri sendiri. Sering menahan kencing (berkemih) justru bisa membuat seseorang terkena infeksi saluran kemih, karena menahan berkemih membuat bakteri E.Coli yang sudah menempel menjadi berkoloni dan semakin banyak. Padahal 80-85% dari kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.Coli. Bakteri ini biasanya masuk ke saluran kemih melalui uretra, dimana setelah memasuki kandung kemih, E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh

img2

Banyak pengalaman berharga yang saya dapat justru setelah keluar dari rumah sakit. Saya jadi lebih care dan aware dengan kesehatan diri sendiri. Sedikit demi sedikit saya mulai memperbaiki lifestyle hidup saya agar lebih sehat, termasuk banyak minum air putih dan tidak lagi menahan keinginan untuk buang air kecil (berkemih). Namun sayangnya waktu itu saya tidak berfikir untuk mengkonsumsi sesuatu, yang bisa membuat infeksi saluran kemih saya tidak terulang lagi. Jadi tidak ada tindakan preventif apapun. Padahal faktanya risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.

Memang benar beberapa tahun kemudian saya merasakan hal yang sama meskipun kondisinya tidak separah yang pertama. Terkadang muncul rasa perih dan panas saat buang air kecil (berkemih). Intinya saya kembali merasa sakit buang air kecil (berkemih). Kalau sudah begitu solusi terakhirnya ke dokter. Sampai suatu ketika kakak (laki-laki) saya merekomendasikan Uri-cran, sebab beliau yang terkena batu ginjal juga mengkonsumsi Uri-cran. Jadi cara mengatasi anyang-anyangan yang beliau gunakan adalah dengan mengkonsumsi Uri-cran.

logo-uri-cran

MENGENAL URI-CRAN LEBIH DEKAT

Uri-cran berisi ekstrak buah Cranberry yang dapat mengatasi anyang-anyangan, yang merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih dan mencegah Anyang-anyangan berulang. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

img111

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

MANFAAT MENGKONSUMSI CRANBERRY

Jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

14088534_1583832395256119_7894944049255507479_n

RISET MENGENAI CRANBERRY

Sejak jaman dahulu cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Inilah faktor penyebab sakit buang air kecil.

13669719_1570827579889934_3752424287221977585_n

Melihat begitu banyak kelebihan dan manfaat yang bisa diberikan Uri-cran, akhirnya saya mantap untuk mengkonsumsi Uri-cran juga. Penggunaan Cranberry sebagai solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih telah lama dikenal di dunia. Kandungan Cranberry juga dapat mencegah bakteri E. coli menempel pada dinding saluran kemih. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menggunakan Uri-cran yang mengandung ekstrak buah Cranberry ini.

uri-cran-lengkap-1-2
Uri – Cran atasi anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih. Image: dokumen pribadi

Uri-cran tersedia dalam dua varian/kemasan yaitu:

  • Prive Uri-cran: berbentuk kapsul dengan isi perbox sebanyak 30 pcs (kapsul). Komposisinya mengandung 250 mg ekstrak Cranberry. Dosis penggunaannya 1-2 kapsul/hari.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  • Prive Uri-cran plus: berbentuk serbuk (powder) dengan isi perbox sebanyak 15 sachet. Komposisinya mengandung 375 mg ekstrak Cranberry, 60 mg vitamin C, Lactobacillus Achidopillus 0,1 mg dan 0,1 mg Bifidobacterium bifidum. Dosis penggunaannya 1-2 sachet/hari. Prive Uri-cran bisa dinikmati dengan air biasa atau ditambahkan es batu. Karena kemasannya begitu praktis dan higienis, jadi bisa kita minum kapanpun dan dimanapun.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kalau sedang ada di rumah, saya paling suka mengkonsumsi Prive Uri-cran plus. Di pagi hari selalu saya konsumsi dalam kondisi hangat. Sementara setelah pulang beraktifitas biasanya saya sajikan Prive Uri-cran plus dalam kondisi dingin. Baik hangat maupun dingin, dua-duanya sama-sama nikmatnya. Sedangkan kalau harus melakukan perjalanan jauh atau keluar kota, saya lebih suka membawa Prive Uri-cran. Karena bentuknya kapsul, jadi menurut saya lebih simple dan praktis saat akan mengkonsumsinya.

uri-cran-lengkap-3-aminah
Uri – Cran solusi untuk mengatasi susah buang air kecil. Image: dokumen pribadi

Banyak perubahan signifikan yang saya rasakan setelah rajin mengkonsumsi Prive Uri-cran. Yang terpenting dari semua itu, saya makin mampu meminimalisir kondisi anyang-anyangan agar tidak terus berulang. Karena Prive Uri-cran mengandung Cranberry, maka dengan rajin mengkonsumsi buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) seperti Cranberry, dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Prive Uri-cran bukan hanya solusi untuk mencegah dan mengatasi Anyang-anyangan, tapi bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan saluran kemih. Jadi cara paling smart untuk mengatasi susah buang air kecil cuma Uri-cran.

Agar hasilnya lebih maksimal, saya juga makin memperbaiki healthy lifestyle harian yang bisa memicu munculnya infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan. Termasuk menghindari penggunaan celana dalam berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat. Hal ini bisa menyebabkan area organ intim menjadi lembab sehingga bakteri lebih mudah berkembang biak. Tidak lupa juga menghindari pemakaian celana ketat selama berjam-jam atau seharian. Faktanya celana ketat dapat mengurangi ventilasi udara pada area organ intim, sehingga bisa menyebabkan lembab dan memicu tumbuhnya bakteri. Bakteri merupakan salah satu penyebab timbulnya Infeksi Saluran Kemih.

14183957_1589140004725358_6357738736157033885_n

Kondisi toilet duduk juga harus kita perhatikan, sebab hal yang satu ini sering luput dari perhatian kita. Ternyata toilet duduk bisa menjadi media perpindahan bakteri E-Coli yang merupakan salah satu penyebab Infeksi Saluran Kemih (ISK). Karena itu saat menggunakan toilet umum biasakan selalu menyiram dan membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya. Sebab begitu banyak orang yang sudah menggunakan lokasi yang sama. Jadi keperdulian dan kewaspadaan kita sendirilah yang akan menyelamatkan kesehatan diri pribadi.

14046058_1583051908667501_8255433964372531907_n

Memang untuk memberantas dan memerangi anyang-anyangan serta infeksi saluran kemih butuh kesungguhan, komitmen dan totalitas kita. Tidak bisa kita serahkan begitu saja pada Prive Uri-cran untuk mencegahnya agar tidak berulang. Merubah kebiasaan harian menjadi lebih healthy tentu akan makin menyempurnakan peranan Uri-cran dalam menjaga kesehatan saluran kemih kita secara keseluruhan. Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan dari Cranberry dapat mendorong respon imun dalam melawan batuk serta flu. So tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengkonsumsi Uri-cran yang mengandung ekstrak Cranberry ini, sebab bisa kita gunakan untuk mengatasi sakit buang air kecil. Mulai sekarang jadikan Uri-cran dan healthy lifestyle sebagai benteng yang tangguh untuk melindungi tubuh kita dari anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih. Sehat itu pilihan kawan. Jadi tentukan pilihan kita dengan cara smart dan bijaksana bersama Uri-cran dan healthy lifestyle kita tentunya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

infographic

Materi penunjang diambil dari:

 

Iklan

2 thoughts on “SAATNYA HEALTHY BERSAMA URI-CRAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s