MAKIN SUKA PAKAI MATIC BERKAT REVOLUSI DINGIN FEDERAL OIL

Sejak muncul varian matic, kita-kita yang tergolong kaum hawa dengan segala keterbatasnya, merasa begitu dimudahkan dengan jenis motor yang satu ini. Makanya tak heran kalau varian motor matic langsung menarik perhatian kaum hawa dan mampu mencuri hati. Termasuk juga saya. Banyak pertimbangan yang pada akhirnya membuat saya menjatuhkan pilihan pada motor matic, sebagai sahabat harian saat beraktifitas:

  • Pada umumnya perempuan itu paling gaptek, kalau berhubungan dengan hal-hal yang berbau mesin. Apalagi itu mesin motor dan yang sejenisnya. Perempuan juga maunya apa-apa serba simple dan mudah di operasikan. Lebih-lebih saat menggunakan motor sebagai sarana transportasi harian, untuk berbagai macam keperluan. Karena itu tak salah kalau varian matic jadi idola. Sebab motor matic lebih mudah dioperasikan, jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Tinggal mengoperasikan gas, rem dan stang untuk kontrol saat di jalan, sudah bisa mengantarkan kita pada tempat tujuan. Tidak perlu lagi ribet atur gigi hingga kopling.
  • Motor matic memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas dan longgar, terutama di bawah jok. Hal itu dikarenakan konstruksi yang lebih sederhana, jika dibandingkan dengan jenis bebek dan sport. Bahkan beberapa jenis motor matic memiliki bagasi yang lapang, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan helm sekalipun. Dengan menggunakan motor matic di pagi hari, selain bisa mengantar anak ke sekolah, pulangnya juga bisa sekalian bawa belanjaan yang kita butuhkan. Kalau kebetulan kita punya usaha atau bisnis sampingan di rumah, paling enak kulakan barang pakai matic. Tinggal dijepit di depan, di letakkan di boncengan belakang, atau masuk dibawah  So simple dan bisa muat banyak bawaan.
  • Sekarang ini pilihan varian matic sudah sangat beragam. Pabrikan pun berlomba-lomba menyediakan matic yang paling sesuai dengan keinginan pasar. Jadi tak heran kalau kita bisa memilih motor matic dengan tawaran yang sangat beragam mulai dari warna, fitur yang disediakan, hingga kubikasi mesin. Tinggal sesuaikan saja dengan jiwa dan kepribadian kita.
  • Desain motor matic memang paling mengerti dengan kondisi dan keterbatas perempuan. Mau pakai rok, celana atau berkebaya ria, rasa-rasanya tetap seru dan asyik-asyik saja kalau motornya menggunakan varian matic. Selain itu body motor matic yang kebanyakan ramping, memang lebih friendly bagi postur tubuh perempuan yang mayoritas lebih kecil jika dibandingkan dengan laki-laki.
MOTOR MATIC 1
Motor maticku – sahabat harianku. Image: dokumen pribadi.

Begitu banyak kelebihan yang mampu diberikan motor matic, sampai-sampai kaum adampun banyak juga yang menggunakan matic saat menjalankan aktifitas hariannya. Tak heran kalau angka penjualan motor matic terus merangkak naik dari waktu ke waktu. Sebagai pertanda bahwa animo masyarakat serta respon mereka terhadap keberadaan motor matic sudah cukup baik.

Seperti keberadaan dua sisi mata uang yang saling bersinggungan, motor matic pun punya kekurangan juga:

  • Kelemahan yang ada pada motor matic rata-rata boros bahan bakar, jika dibandingkan dengan motor manual. Karena itulah hadir teknologi injection untuk memperbaiki kondisi tersebut. Pada kenyataannya meskipun sudah menggunakan teknologi injection, jika kita gunakan perbandingan antara motor manual dan motor matic menggunakan cc yang sama, akan menghasilkan tingkat keiritan bahan bakar yang berbeda. Semuanya memang tidak lepas dari pemakaian juga. Apalagi jika sering bermain gas saat menggunakan motor matic, jelas hal tersebut sangat berpengaruh pada angka pemakaian bahan bakarnya juga.
  • Diameter roda motor matic yang kecil, membuat motor jenis ini lebih mudah goyang saat melewati jalanan rusak atau bergelombang. Kenyamanan di jalan saat menggunakan motor matic, memang agak terganggu dengan kondisi roda motornya tersebut. Motor matic sangat sensitif dengan permukaan jalan yang tidak rata, khususnya saat melewati polisi tidur yang cukup tinggi. Sudah bukan rahasia lagi jika jalan berlubang, bergelombang, dan bebatuan adalah musuh besar motor matic.
  • Motor Matic menggunakan monoshock atau shockbreaker saja. Hal itulah yang membuat beban wajar pada motor matic juga lebih ringan. Kekuatan motor matic memang tidak setangguh motor manual yang menggunakan dualshock.
  • Biaya perawatan motor matic memang lebih mahal, jika dibandingkan dengan motor manual. Pemilik motor matic dituntut rajin melakukan pengecekan secara rutin di bengkel, untuk meminimalisir kerusakan dan segala macam kemungkinan. Motor matic digerakkan dengan CVT (continuously variable transmission). Itulah alasannya mengapa kita wajib melakukan pengecekan secara rutin di bengkel. Sekali saja lengah, imbasnya akan membuat CVT lebih mudah terasa berat. Kondisi tersebut membuat kenyamanan berkendara kita akan terganggu juga.
MOTOR MATIC 2
Motor matic menjadi pilihan kita untuk beraktifitas. Image: dokumen pribadi.

Memang banyak sekali penyakit motor matic yang perlu kita ketahui dengan baik, sebelum memutuskan membeli varian motor jenis ini. Lebih-lebih untuk urusan CVT-nya. Sebab kendala terbesar yang sering muncul pada motor matic memang ada dibagian CVT (Continously Variable Transmission). Sistem CVT ini merupakan alat penggerak otomatis pada motor matik. Bagian inilah yang meneruskan putaran pada mesin ke roda belakang. Kerusakan CVT bisa dideteksi saat  jarak tempuh kendaraan di atas 10 ribu kilometer. Selain 10 ribu, saat pencapaian 20 ribu kilometer pun akan ada saja komponen yang rusak. Entah itu roller atau v-belt‎ nya. Masalah yang muncul pada CVT‎ bisa dirasakan lewat munculnya suara keras dan kasar.  Terlebih saat mesin motor dinyalakan pada pagi hari. Selain itu indikasi lainnya juga bisa nampak saat kendaraan digunakan di jalanan. Performa menjadi loyo, bahan bakar boros, tenaga berkurang, dan kecepatan motorpun menjadi lebih lambat dari biasanya. Servis rutin dan menggunakan suku cadang asli (orisinil) menjadi syarat mutlah untuk meminimalisir munculnya masalah pada CVT ini. Selain servis rutin dan menggunakan suku cadang asli, yang tak kalah pentingnya dilakukan adalah pemilihan oli untuk merawat performa motor matic kita agar tetap prima.

 

BERBURU OLI YANG TEPAT UNTUK MOTOR MATIC

Keberadaan oli atau pelumas sangat penting bagi performa motor matic kita. Setidaknya ada 2 (dua) hal yang wajib kita ketahui tentang oli atau pelumas ini:

  • Oli atau pelumas berfungsi memperhalus gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin, sehingga membuat mesin lebih mudah dalam mencapai suhu ideal.
  • Oli atau pelumas juga berfungsi sebagai fluida yang tugasnya memindahkan panas dari ruang bakar, ke bagian lain mesin yang memiliki suhu lebih dingin.

 

Begitu pentingnya peran oli khususnya pada keberadaan motor matic, membuat poin pemilihan oli yang tepat jadi kunci krusialnya. Sebab hal tersebut langsung berhubungan dengan kinerja motor, agar bisa berjalan secara maksimal dan tentu saja lebih awet saat digunakan. Poin-poin berikut ini layak jadi bahan pertimbangan, sebelum memutuskan membeli oli untuk motor matic kita:

  • Motor matic mempunyai karakteristik kopling kering. Jadi sangat berbeda dengan jenis motor lainnya. Sehingga tidak menggunakan aditif untuk anti slip. Selain itu motor matic juga membutuhkan oli atau pelumas yang lebih encer, hal itu dikarenakan bagian dalam mesin matic yang lebih sempit  jika dibanding dengan jenis motor lainnya.
  • Pastikan menggunakan oli atau pelumas rekomendasi pabrikan dan sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan, baik itu oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang. Jadi selalu gunakan oli bersertifikat resmi. Untuk matic yang paling umum adalah API (American Petroleum Institute) yang merupakan lembaga penguji kualitas oli untuk negara–negara di kawasan eropa dan amerika. Sementara JASO (Japan Automobile Standards Organization)  merupakan lembaga penguji kualitas oli yang berada di negara Jepang.
  • Saat membeli oli atau pelumas, pastikan merk tersebut sudah memenuhi standart kekentalan atau SAE (Society of Automotive Engineers) oli matic yang bagus. Biasanya antara 10 sampai 30. Kekentalan oli motor matic juga harus setara kualitas API SL (standard dari American Petroleum Institute dengan tingkat kekentalan “L”) yang sangat pas digunakan pada motor jenis matic.
  • Motor matic membutuhkan oli yang mengandung zat aditif molybdenum untuk mengurangi panas mesin dan memperhalus gesekan mesin. Saat jalanan macet yang mengharuskan kita sering-sering berhenti, hal itu menyebabkan mesin sangat panas akibat badan mesin tertutup serta desain transmisi berkesinambungan yang diterapkan pada motor matic. Makanya oli motor matic sebaiknya mengandung zat aditif molybdenum.

 

REVOLUSI DINGIN FEDERAL OIL UNTUK MOTOR MATIC

Meskipun perempuan memiliki banyak keterbatasan, tapi hal tersebut tidak berlaku saat memilih oli untuk motor matic kita. Dari begitu banyak informasi yang masuk, serta mempertimbangkan aspek kelebihan dan kekurangan menggunakan motor matic, akhirnya saya mantap menggunakan FEDERAL MATIC untuk pelumas motor matic saya. Memang banyak produk sejenis yang beredar dipasaran dan kesemuanya meng-klaim sebagai yang terbaik. Tapi bagi saya pribadi, ada beberapa pertimbangan khusus yang membuat saya mantap menjatuhkan pilihan pada Federal Matic. Dan moment yang paling menarik minat dan perhatian saya akan oli Federal adalah REVOLUSI DINGIN-nya Federal Matic, yang digelar dibeberapa kota baru-baru ini. Keberanian Federal Oil melakukan terobosan lewat REVOLUSI DINGIN dengan menggandeng beberapa komunitas motor matic, menjadi bukti bahwa ada sesuatu yang beda dan istimewa dengan Federal Matic ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ternyata dugaan  saya benar adanya. Rasa penasaran itu telah menyampaikan saya pada hal-hal awesome seputar Federal Matic berikut ini:

  • Federal Oil, memiliki line up produk Federal matic yang dikhususkan untuk motor matic. Memiliki formula khusus yang mampu menjaga komponen dalam mesin, agar selalu dalam kondisi spesial. Federal Matic mengandung Heat Protection Formula yang merupakan perpaduan spesial Viscoelastic Molecules yang meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin. Juga mengandung Active Moly yang melindungi gesekan antarkomponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin. Masih disempurnakan lagi dengan adanya Double Act Cleaner yang membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin, sehingga kinerja mesin lebih optimal.

18740800_1035213596611852_5470262912896689086_n

 

  • Federal Matic spesialis dingin yang diperkuat dengan Heat Protection Formula mampu mengontrol panas dua kali (2X) lebih efektif, karena mampu melumasi bagian mesin paling terkecil dengan sempurna dan membersihkannya dari kotoran yang bisa menghambat performa mesin. Karena sebenarnya di dalam mesin motor ada kotoran karbon, yang apabila tidak segera dihilangkan akan membuat kinerja piston mesin motor terganggu. Efeknya, selain mesin terlindungi, motor matic kita tarikannya jadi lebih kencang. Karena panas didalam mesin dapat ditekan dan tidak melampaui batas suhu optimal, sehingga power yang dihasilkan mesin bisa lebih besar.

lubeman-2017-crop

 

  • Federal Matic adalah oli khusus mesin motor matic yang terbukti dapat menaklukkan mesin panas. Formula spesial yang ada didalamnya bisa membuat motor irit dan tarikannya kencang. Disamping itu kebersihan mesin juga lebih terjaga. Terbukti mesin #2xLebihIrit dan mampu melakukan #KontrolPanas2xLebihEfektif. Dengan Federal Matic tidak perlu khawatir lagi dengan tarikan motor ngempos, karena ada Viscoelastic Molecules yang dapat meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin motor kita. Apa lagi ada Heat Protection Formula yang bisa #KontrolPanas2xLebihEfektif.

19437461_1052004534932758_329515920293073564_n

 

  • Federal Matic yang mengandung heat protection formula, terbukti mampu mengontrol mesin tetap dingin dan membuat mesin bekerja dengan sempurna. Heat Protection ini selain mampu melindungi tiap komponen mesin dari keausan dan kerusakan karena pemakaian rutin, juga membuat kinerja mesin menjadi lebih halus dan tahan panas.

18555849_1025279120938633_2676331981081390538_n

 

Ada2 (dua) varian yang disediakan Federal Oil untuk motor matic yaitu Federal Matic 40 atau Federal Matic 30. Baik Federal Matic 40 atau 30 cocok untuk semua jenis motor matic, karena bisa #KontrolPanas2xLebihEfektif dan bisa membuat mesin motor selalu dingin. Mesin sepeda motor memiliki beban kerja yang lebih berat  jika dibandingkan mesin mobil, karena memiliki putaran mesin yang lebih tinggi. Akibatnya, kemungkinan gesekan dan panas yang timbul menjadi lebih tinggi. Sementara kebutuhan pembakaran motor matik umumnya lebih banyak dibandingkan motor manual. Karena kecepatan putaran roda mengandalkan bukaan gas dan gaya sentrifugal, sehingga beban mesin motor matik lebih besar. Belum semua motor matik di Indonesia  menggunakan pendingin cairan (liquid cooler). Kondisi ini menyebabkan motor matik kita memerlukan pelumas mesin spesial yang dapat menjaga kinerja mesin tetap optimal seperti Federal Matic 40 atau 30.

infospesial-gb7

infospesial-gb9

Federal_Matic

 

Berikut spesifikasi Federal Matic 40 dan 30 yang cocok untuk semua jenis motor matic, karena bisa #KontrolPanas2xLebihEfektif dan mampu membuat mesin motor selalu dingin:

federal-matic-30

Baca informasi lengkapnya seputar Federal Matic 30 disini

 

federal-matic-40-s

Ulasan lengkap mengenai Federal Matic 40 tinggal baca disini

 

18403268_1020768178056394_3141344213051360305_n

Perbedaan Federal Matic 30 dan Federal Matic 40: 

Meskipun sama-sama dibuat untuk mesin motor matic, namun keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan paling mendasar adalah viskositas dari kedua oli tersebut, sesuai namanya Federal matic 30 memiliki SAE 10W-30 API SL JASO MB. Berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk mesin bertransmisi matic, Federal Matic 30 dikhususkan untuk motor-motor yang memiliki pelumas spesifikasi 10W-30. Spesifikasi tersebut dimiliki motor-motor matic Honda keluaran terbaru dengan kapasitas mesin 110-150 cc seperti, PCX, Vario, Scoopy, Spacy dan Beat. Sementara untuk Federal Matic 40, spesifikasinya dibuat untuk motor-motor matic keluaran Yamaha dan juga matic lansiran Piaggio

 

MENGENAL FEDERAL OIL LEBIH DEKAT

PT Federal Karyatama adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi minyak pelumas dengan merek Federal Oil. Produk ini pertama kali dipasarkan pada pertengahan kuartal tahun 1989. Minyak pelumas FEDERAL OIL dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelumas kendaraan roda 2 dan telah didistribusikan mulai dari Sabang sampai Merauke.

Pada tahun 1992, kemasan Federal Oil menggunakan sistem hologram untuk mencegah tindakan pemasuan dari fihak-fihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengenali keaslian produk Federal oil bisa dilihat dari 2 (dua) hal berikut ini:

  • Pada kemasan kaleng menggunakan stiker hologram
  • Pada kemasan botol plastik menggunakan Alu-foil berhologram yang terletak di daerah leher botol.

Pada tahun 1997, PT. Federal Karyatama membuat inovasi pada kemasan supreme untuk wilayah pemasaran Jawa dan Bali, dan diberikan nama kemasan Federal Oil Ultratec.

Sejak tanggal 1 Januari 1997, kantor dan pabrik yang telah dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium yang lengkap, menempati lokasi yang sama yaitu di Jalan Rawa Gelam I No. 9 Kawasan Industri Pulogadung. Pada tahun 2002, PT. Federal Karyatama membuat inovasi kembali pada kemasannya dengan menggunakan Multicolor Cap (tutup botol berwarna ganda), dan juga menggunakan alu-foil ditutup dengan teknik Induction Seal. PT. Federal Karyatama melakukan inovasi kembali pada kemasan di tahun 2008, dengan tutup Multicolor yang lebih maju, dengan membuat kemasan Federal Oil menjadi kemasan sekali pakai.

map (1)

Jaringan pemasaran yang dilakukan Federal Oil selama ini juga sudah sangat bagus. Sehingga tidak sulit bagi kita untuk membeli dan mendapatkan produk Federal Matic. Promo-promo yang dilakukan Federal Oil juga sangat pembantu para pengguna setianya, untuk tetap loyal dan tak perlu berpindah ke lain hati. Varian produk Federal Oil terbilang lengkap dan rasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kita selaku konsumen, apapun varian motor yang kita miliki.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Selain konsisten dan benar-benar total dalam menjaga kualitas produk, CSR dari Federal oil terhadap masyarakat luas juga layak dapat acungan  jempol. Hal ini bisa terlihat dari beberapa event mereka seperti:

  • Membuka Posko Mudik dibeberapa jalur yang bisa dipergunakan untuk istirahat. Di tepat ini disediakan fasilitas spesial seperti servis & ganti oli gratis, musholla, refleksi, tempat bermain anak dan masih banyak lagi.

19399537_1049540518512493_5672120350848312391_n

  • Pada bulan Ramadhan kemarin Federal Oil juga menggelar Feders Spesial Bukber 2017, dengan berbagi takjil serta merchandise Federal Oil. Baik kepada pengendara ataupun masyarakat Rangkaian acaranya ditutup dengan nonton bareng film The Mummy 2017
  • Untuk berbagi kebaikan pada sesama telah digelar Federal Oil Spesial Miliarder. Event ini juga sekaligus menjadi ajang apresiasi fihak Federal Oil pada konsumen setianya selama ini.
  • Sebagai bentuk edukasi pada masyarakat umum seputar oli, motor dan segala hal yang bersangkut paut didalamnya, Federal Oil menyediakan Link berikut ini untuk diakses. Dengan tinggal klik, banyak info dan pengetahuan yang bisa membuat konsumen makin cerdas.

18425231_1025280294271849_948442341131617578_n

 

Mengacu dari beberapa poin di atas, sudah layak kiranya kalau baru-baru ini PT Federal Karyatama menerima Penganugerahan HR Asia Award 2017. Untuk pertama kalinya PT Federal Karyatama meraih penghargaan dari HR Asia Award sebagai HR Asia Best Companies to work for in Asia 2017. Penghargaan HR Asia Best Companies to Work for in Asia Award, merupakan penghargaan yang disematkan kepada perusahaan, berdasarkan hasil survei HR Asia Employee Input Survey (EIS) dan HR Asia Workplace and Employee Engagement Survey (WEES) yang dijadikan pertimbangan dalam penjurian.

Dewan juri penilaian merupakan tim independen yang memiliki latar belakang berbeda dan masing-masing merupakan pakar di bidang industri, akademisi, jurnalis dan perwakilan pemerintah. Penghargaan tersebut diterima oleh Patrick Adhiatmadja, selaku President Director & CEO PT Federal Karyatama. Turut hadir pula jajaran Board Of Director PT Federal Karyatama lainnya, General Manager HCGA & Legal dan perwakilan dari MPM Group pada acara yang digelar di hotel JW Marriot, Jakarta pada 19 Mei 2017.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Bagi PT Federal Karyatama penghargaan ini sangat penting. Sebab itu berarti apa yang mereka canangkan dan laksanakan mengenai pengembangan sumber daya manusia dan penciptaan suasana serta iklim kerja kondusif,  ternyata mendapat respon yang sangat positif dari para responder penyelenggaraan award ini. Penghargaan ini juga menjadi salah satu  indikator keberhasilan perusahaan ini dalam hal human resource management.

19366261_1047425008724044_1360078120986946707_n

 

Dengan pengalaman yang lebih dari 25 tahun dalam memproduksi oli dan diawali sebagai oli resmi (genuine oil), membuat Federal Oil dapat memberikan yang terbaik pada konsumennya lewat beberapa poin smart berikut ini:

  • Ketepatan dan penentuan formula

Sebelum menentukan formula suatu produk, harus melalui beberapa tahapan pengembangan:

  1. Feasibility Study terhadap kondisi dan kebutuhan konsumen terhadap produk oli sesuai dengan kondisi dan iklim di Indonesia.
  2. Pemilihan formula yang tepat melalui penelitian di Laboratorium dengan peralatan lengkap yang sudah dimiliki oleh PT Federal Karyatama.
  3. Selain itu, juga harus dilakukan field test (uji jalan) dan dyno test untuk mengetahui hasil aktualnya.
  • Pemilihan bahan baku yang berkualitas juga menentukan hasil oli terbaik.
  • Teknologi proses produksi yang canggih.

TVMC (Technology Ventury Molecule Chusher), merupakan terobosan teknologi blending yang hanya dimiliki oleh PT Federal Karyatama. Dengan TVMC, pencampuran beberapa bahan baku pelumas akan lebih homogen dan terikat dengan stabil.

infospesial-gb12
Proses produksi Federal Oil. Image: properti Federal Oil.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

Mengupas banyak hal tentang PT Federal Karyatama membuat saya makin cinta dengan Federal Matic.  Bagi saya Oli Motor yang cocok untuk matic saya ya cuma Federal Matic. Sebab Federal Matic merupakan Oli Motor Terbaik sampai saat ini. Kalau cari Oli Motor Matic yang recommended ya cuma Federal Matic yang 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel.

 

 

Sejak menggunakan Federal Matic, jadi makin suka menggunakan motor matic untuk berbagai macam keperluan, termasuk melakukan aktifitas harian yang sudah menjadi rutinitas kita. Tidak perlu takut lagi dengan penyakit motor matic yang selama ini sering jadi momok. Sebab ada Revolusi Dingin dari Federal Matic yang mampu menjaga performa motor matic kita selalu prima dan tetap handal. Revolusi Dingin-nya Federal Matic, membuat saya yakin kalau menggunakan Motor Matic adalah smart choice for smart people. How about you guys……

LOGO FEDERAL OIL BLOG YANG BENAR

Lomba-Blog-Spesial-Federal-Oil-Berhadiah-Uang-Total-20-Juta-Merchandise

18486040_1027558214044057_1186772138114585710_n

sejarah

Catatan: Materi penunjang diambil dari Federal Oil

14 respons untuk ‘MAKIN SUKA PAKAI MATIC BERKAT REVOLUSI DINGIN FEDERAL OIL

  1. Mesin merupakan komponen motor yang harus mendapat perhatian ekstra. Salah satunya dengan rutin mengganti oli dengan pelumas yang tepat dari Federal Oil. Nice Sharing… BTW saya juga ikutan loh. KUYlah mampir bentar di blog Ndeso saya

    Suka

  2. Terima kasih tulisannya, membuat kita jadi lebih mengetahui tentang motor matic, perawatannya terkhusus tentang Oli yang tepat untuk motor matic kita yaitu FEDERAL OIL 🤗.

    Suka

Tinggalkan komentar